Minggu, 31 Juli 2011

Kopaja Rasa Busway

Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan panasnya naik bus kota di Jakarta. Selain panas, penuh sesak dan kotor, bus kota selama ini juga identik dengan ugal-ugalan. Apalagi jika bus yang kita naiki adalah bus non AC. Diantara nama-nama bis yang lalu lalang di Jakarta, nama bus KOPAJA tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna kendaraan umum. Bersama dengan saudara tuanya METRO MINI, KOPAJA adalah bus yang melayani berbagai rute di Jakarta. KOPAJA selama ini tidak ubahnya seperti stigma masyarakat yang saya telah sampaikan sebelumnya. Nah, di bulan Puasa yang akan kita songsong esok hari ternyata memberi berkah bagi para para penumpang bus kota. Koperasi Angkutan Jakarta (KOPAJA) hari ini resmi meluncurkan program peremajaan armada mereka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jakarta. Angkutan yang akan diluncurkan tanggal 3 Agustus 2011 ini adalah bus Kopaja yang dilengkapi dengan AC dan tempat duduk yang nyaman. Selain itu, untuk keluar masuk bus, para penumpang juga akan diatur dengan three pot barrier yang biasa kita lihat di selter busway. Selain lebih disiplin, alat ini juga untuk membatas jumlah penumpang maksimal dalam bus. Intinya, inilah berita segar nan sejuk yang pantas kita syukuri ditengah semakin riuhnya jalanan ibukota Jakarta. 

Keberadaan KOPAJA rasa Busway ini tentu saja menjadi alternaif angkutan kota yang mumpuni dalam menjawab kebutuhan transportasi publik yang nyaman dan aman. Selain itu, bus ini nantinya dapat menjadi alternative bagi para penumpang kendaran pribadi untuk beralih ke kendaraan umum. Kita tentu miris melihat semakin padatnya kendaraan yang lalu lalang di Jakarta. Apalagi minat masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil pribadi juga tidak kunjung padam. Lihat saja data yang dirilis oleh para produsen mobil dalam acara Jakarta International Motor Show yang baru saja berakhir. Selain meningkatnya transaksi penjualan mobil dari masing-masing agen ATPM, kenaikan penjualan ini tentu saja akan semakin menggerus kapastitas jalan yang ada di Jakarta. Nah, dengan adanya transportasi bus KOPAJA rasa busway ini, diharapkan akan mengurangi minat masyarakat untuk memiliki mobil.

Untuk sementara, masyarakat yang akan menikmati KOPAJA AC ini adalah mereka yang biasa menempuh rute Ragunan-Slipi. Jumlah armada KOPAJA AC dengan Nomor S13 ini sementara waktu juga belum banyak, yaitu 20 bus dengan kapasitas 35 penumpang. Untuk mereka yang akan tetap berdiri di dalam bus juga masih mendapatkan kenyamanan karena dibatasi maksimal hanya 10 orang  yang diijinkan untuk berdiri. Dari sisi ongkos harga, masyarakat juga tidak perlu khawatir karena harganya sama dengan bus KOPAJA lainnya yaitu Rp 2000. Namun demikian, harga ini tentunya akan dikaji setelah percobaan operasionalisasi ini selesai dilakukan. 

Menurut Koperasi Angkutan Jakarta, untuk ke depan armada KOPAJA AC ini akan ditambah dari sisi kuantitas bus. Kita juga berharap, rute yang akan dilayani juga akan ditambah. Jadi, bagi para KOPAJA Mania tunggu saja Bus KOPAJA AC ini mengantarkan kalian ke tempat tujuan. Langkah peremajaan transportasi ini patut kita acungi jempol. Kita juga berharap, gebrakan kebijakan seperti ini juga diikuti oleh operator lain seperti METRO MINI dan bus lainnya.  

Dari sisi manajemen operasionalisasi KOPAJA AC ini juga berbeda dengan yang lama. Dari sisi perawatan mesin, pihak koperasi telah menyediakan bengkel, baik sarana maupun montirnya. Pada supir yang akan mengemudikan KOPAJA AC ini juga tidak lagi memakai sistem setoran karena mereka akan mendapatkan gaji bulanan sebagaimana diterapkan untuk sopir bus Transjakarta. Hal ini tentunya juga meminimalisir aksi ugal-ugalan para pengendara KOPAJA selama ini. Semoga saja keberadaan KOPAJA AC ini akan membawa pesan positif tersendiri bagi masyarakat Jakarta. Selain mendapatkan keamanan dan kenyamanan, para penumpang untuk sementara waktu juga tidak perlu takut ongkosnya terkuras. Selamat datang KOPAJA rasa Busway.

sumber foto: http://www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar